Kolong mobil Awas ! Pasir dan Kotoran Menumpuk di titik Ini Pada Mobil Anda
Jakarta - Mungkin ada yang berpikiran, menerjang genangan
air disaat hujan bisa membersihkan kolong mobil. Anggapan itu, keliru
besar! Justru, dari genangan air itu terkandung ada pasir, tanah, sampai
sampah.
Nah, kotoran tersebut bisa menelusup ke setiap celah. Bahkan pada
bagian yang terpikirkan sekalipun. Ada beberapa titik pada mobil menjadi
lokasi "penginapan" bagi penghuni dari genangan air tadi.
1. Kolong
Selain bodi, ketika mencuci mobil sehabis kena hujan, juga kolong.
Lebih bagus jika tekanan air dari selang cukup kuat. "Semprot pakai
selang secara merata. Pastikan semua bagian sudah terkena," pesan Adi
Wahyudi, Kepala Bengkel Wijaya Motor di Jaktim.
Bagi mereka yang tinggal dekat dengan laut atau sering bepergian ke
daerah pesisir laut, harpa lebih hati-hati. Bukan tidak mungkin,
genangan air sudah terkontaminasi dengan air laut mengandung garam.
Sifat korosifnya tinggi.
"Air garam yang tertinggal di kolong sangat berbahaya. Baru terlihat jika mobil diangkat," sebut Iwan Abdurahman, Technical Section head PT Toyota Astra Motor.
2. Saluran bahan bakar
Kotoran suka menempel pada saluran bahan bakar. Makanya, jangan
kaget ketika rumah penutup saluran pengisian bahan bakar dibuka, banyak
terdapat pasir. Trus, waspadai 'leher' pengisian bahan bakar yang
lokadsinya di sepatbor belakang lantaran adanya cipratan dari roda
belakang.
Jika didiamkan, saluran yang terbuat dari dari besi bisa berkarat. Jadi, saat dicuci, perhatikan bagian ini.
3. Sokbreker
Paling sering dihuni pasir. lebih parah, mobil-mobil yang
mengadopsi coilover. Coba rogoh bagian atas, pasti banyak pasir.
Membersihkannya mudah, cukup dengan disemprotkan air sampai dirogoh
dengan tangan. Hanya, sebaiknya tangan yang masuk di coilover
menggunakan sarung tangan dari kain agar kotoran tidak masuk ke celah
kuku.
4. Sepatbor dalam
Untuk mobil dengan mesin di depan, pada mobil-mobil tertentu, di
sepatbor bagian dalam terdapat lubang. Ketika menerjang genangan air
akan masuk ke ruang mesin melalui lubang tersebut. Cara
menghilangkannya, guyur atau semprot pasir-pasir tersebut. Usai disiram,
keringka dengan lap, jika tidak akan membentuk noda.
5. Celah sepatbor dengan bodi
Ada di belakang atau depan mud guard. Pada mobil tertentu, celah
atau lubang cukup besar dekat baut yang mengikat pada mud guard dengnan
bodi. Nah, semprotkan celah atau lubang tersebut selama beberapa detik
sampai ke luar kotorannya. (Mobil.otomotifnet.com)
Label: Tips dan Trik
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda