Sabtu, 14 Desember 2013

Kolong mobil Awas ! Pasir dan Kotoran Menumpuk di titik Ini Pada Mobil Anda

Jakarta - Mungkin ada yang berpikiran, menerjang genangan air disaat hujan bisa membersihkan kolong mobil. Anggapan itu, keliru besar! Justru, dari genangan air itu terkandung ada pasir, tanah, sampai sampah.

Nah, kotoran tersebut bisa menelusup ke setiap celah. Bahkan pada bagian yang terpikirkan sekalipun. Ada beberapa titik pada mobil menjadi lokasi "penginapan" bagi penghuni dari genangan air tadi.

Makanya, ketika mencuci mobil sendiri atau di tukang cuci, Anda perlu mengontrol bagian  di bawah ini

1. Kolong
Selain bodi, ketika mencuci mobil sehabis kena hujan, juga kolong. Lebih bagus jika tekanan air dari selang cukup kuat. "Semprot pakai selang secara merata. Pastikan semua bagian sudah terkena," pesan Adi Wahyudi, Kepala Bengkel Wijaya Motor di Jaktim.

Bagi mereka yang tinggal dekat dengan laut atau sering bepergian ke daerah pesisir laut, harpa lebih hati-hati. Bukan tidak mungkin, genangan air sudah terkontaminasi dengan air laut mengandung garam. Sifat korosifnya tinggi.

"Air garam yang tertinggal di kolong sangat berbahaya. Baru terlihat jika mobil diangkat," sebut Iwan Abdurahman, Technical Section head PT Toyota Astra Motor.
2. Saluran bahan bakar
Kotoran suka menempel pada saluran bahan bakar. Makanya, jangan kaget ketika rumah penutup saluran pengisian bahan bakar dibuka, banyak terdapat pasir. Trus, waspadai 'leher' pengisian bahan bakar yang lokadsinya di sepatbor belakang lantaran adanya cipratan dari roda belakang.

Jika didiamkan, saluran yang terbuat dari dari besi bisa berkarat. Jadi, saat dicuci, perhatikan bagian ini. 
3. Sokbreker
Paling sering dihuni pasir. lebih parah, mobil-mobil yang mengadopsi coilover. Coba rogoh bagian atas, pasti banyak pasir. Membersihkannya mudah, cukup dengan disemprotkan air sampai dirogoh dengan tangan. Hanya, sebaiknya tangan yang masuk di coilover menggunakan sarung tangan dari kain agar kotoran tidak masuk ke celah kuku. 
4. Sepatbor dalam
Untuk mobil dengan mesin di depan, pada mobil-mobil tertentu, di sepatbor bagian dalam terdapat lubang. Ketika menerjang genangan air akan masuk ke ruang mesin melalui lubang tersebut. Cara menghilangkannya, guyur atau semprot pasir-pasir tersebut. Usai disiram, keringka dengan lap, jika tidak akan membentuk noda. 
5. Celah sepatbor dengan bodi
Ada di belakang atau depan mud guard. Pada mobil tertentu, celah atau lubang cukup besar dekat baut yang mengikat pada mud guard dengnan bodi. Nah, semprotkan celah atau lubang tersebut selama beberapa detik sampai ke luar kotorannya. (Mobil.otomotifnet.com)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda